Rabu, 04 Juni 2014

konsep individu,keluarga,masyarakat



KONSEP INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT
A.      Pengertian individu,keluarga, dan masyarakat
*      Individu berasal dari kata latin “individuum” yang artinya tak terbagi. Kata individu merupakan sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Kata individu bukan berarti manusia sebagai keseluruhan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan demikian pendapat Dr.A lysen.
*      Individu menurut konsep sosiologi berarti manusia ynag hidup berdiri sendiri. Individu sebagai mahluk ciptaan tuhan didalam dirinya selalu dilengkapi oleh kelengkapan hidup yang meliputi raga, rasa, rasio, dan rukun.
B.      Pengertian keluarga
*      Kelyarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberpa orang yang terkumpul dan tinggal disuatu tempat dibawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan(menurut Departeman Kesehatan RI 1998).
*      Kumpulan beberapa orang yang karena terikat oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki,esensial,enak berkehendak bersama-sama mempertenguh gabungan itu untuk memuliakan masing-masing anggotanya. (Ki Hajar Dewantara)
*      Keluarga adalah dua atau lebih dari dua individu yang tergabung karena hubungan darah. Hubungan perkawinan atau pengangkatan dan mereka hidupnya dalam sauatu rumah tangga,berinteraksi satu sama lain dan didalam peranannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan (menurut Salvicion dan Ara Celis).
C.      Pengertian masyarakat
·         Masyarakat merupakan salah satu satuan social system social, atau kesatuan hidup manusia. Istilah inggrisnya adalah society,sedangkan masyarakat itu sendiri berasal dari bahasa arab syakara yang berarti ikut serta atau partisipasi, kata arab masyarakat berate saling bergaul yang istilah ilmiahnya berinteraksi.
·         Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan,norma-norma,adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya.


·         ada beberapa pengertian masyarakat:
*      menurut selo sumarjan (1974) masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama yang menghasilkan kebudayan.
*      Menurut koentjaraningrat (1994) masyarakat  adalah kesatuan hidup manusia yang hidup berinteraksi menurut suatu system adat istiadat tertentu yang besifat kontiyu dan terikat oleh suatu rasa identitas yang sama.
*      Menurut Ralph Linton (1968) masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang hidup dan bekerja sama dalam waktu yang relatife lama dan mampu membuat keteraturan dalam kehidupan bersama dan mereka menganggap sebagai satu kesatuan sosial.
*      Menurut Karl Marx, masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisme atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.
*      Menurut Emile Durkheim, masyarakat merupakan suatu kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.
*      Menurut Paul B.Horton & C.Hunt, masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relative mandiri,hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama,tinggal disuatu wilayah tertentu,mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagaian besar kegiatan didalam kelompok/kumpulan manusia tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar